Halaman

Selasa, 08 Juni 2010

MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN
PENDAHULUAN
Pada zaman modern sekarang dunia pendidikan akan semakin berkembang dan maju dengan adanya media pembelajaran sebagai salah satu alat penunjang pembelajaran yang berguna untuk mempercepat serta mempermudah proses pembelajaran dalam dunia pendidikan nasional maupun internasional.
PENGERTIAN
Media Pembelajaran menurut Djamarah adalah “ suatu alat bantu apa yang dapat di jadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai proses tujuan pembelajaran”.
Macam-macam hasil teknologi dalam pendidikan
a) Gambar diam
b) Gambar gerak
c) Rekaman suara
d) Benda-benda hidup
e) Televisi
f) Intruksional berprogram/CAI (Computer Assisten Insruction)
GAMBAR DIAM
• Teks
• Bulletin
• Papan display
• Slide
• Overhead Proyektor
MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN Menurut Harjanto ;
a) Memperjelas penyajian pesan agar tidak verbalistis
b) Mengatasi keterbatasan ruang,waktu dan daya indera
c) Dapat mengatasi sikap pasif siswa
d) Dapat menimbulkan persepsi yang sama terhadap suatu masalah
Manfaat media pembelajaran menuru Purnamawati dan Eldarni ;
a) Membuat konkrit Konsep yang abstrak
b) Menampilkan obyek yang terlalu besar
c) Menampilkan obyek yang tidak dapat di amati dengan mata telanjang
d) Memperlihatkan gerakan yang terlalu cepat
e) Memungkinkan siswa dapat berinteraksi langsung dengan lingkunganya
f) Membangkitkan motivasi belajar
g) Memberi kesan perhatian individu untuk seluruh anggota kelompok belajar
h) Menyajikan informasi belajar secara konsisten dan dapat di ulang maupun di simpan.
Kesimpulanyaaaa ?
Setiap media pembelajaran memiliki keunggulan masing-masing,maka dari itulah guru di harapkan dapat memilih media yang sesuai dengan kebutuhan atau media pembelajaran.Dengan harapan bahwa penggunaan media akan mempercepat dan mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran.
PENUTUP
Mungkin sesuatu yang perlu di ingat bersama adalah bahwa tidak ada satu mediapun yang sifatnya bisa menjelaskan semua permasalahan atau materi pembelajaran secara tuntas.
Presentasi Kelompok 3
tentang
Pengertian riset dan teori dalam ilmu pengetahuan
Contoh hasil-hasil riset dan teori yang punya kontribusi pada tehnologi pendidikan Materi tentang
manfaat riset dalam perkembangan tehnologi pendidikan

DEFINISI RISET
Riset banyak diterjemahkan secara langsung sebagai penelitian. Tidak ada yang salah dengan pemahaman ini. Akan tetapi definisi ini tidak menggerakkan orang untuk melakukan suatu pekerjaan riset dan tidak mendorong semangat untuk melakukannya. Terbayang dalam benak kebanyakkan orang jika mendengar kata riset adalah hal yang berkaitan dengan teknologi tinggi, dana yang mahal, dlsb. Bagi saya riset adalah USAHA UNTUK MEMECAHKAN MASALAH.
Macam-macam Riset
A. Riset Eksploratoris
B. Riset Konklusif

1. Riset Deskriptif
2. Riset Kausal
Riset Eksploratoris
B.Riset Konklusif


A. Riset Eksploratoris
 Adalah riset yang memiliki tujuan untuk mendapatkan keterangan, wawasan, pengetahuan, ide, gagasan, pemahaman, dan lain sebagainya sebagai upaya untuk merumuskan dan mendefinisikan masalah, menyusun hipotesis, serta dapat dilanjutkan dengan riset lanjutan yang lebih advance.
B. Riset Konklusif
• adalah jenis riset di mana tujuan utama menguji suatu hipotesis atau hubungan tertentu.
1. Riset Deskriptaf
 adalah riset yang bertujuan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan suatu karakter / karakteristik atau fungsi dari sesuatu hal. Dalam riset ini diperlukan informasi lengkap 6W yaitu why, when, who, what, where dan way. Contoh riset deskriptif adalah seperti bagaimana persepsi konsumen terhadap pelayanan telepon seluler fren mobile-8.
2. Riset Kausal
► riset yang bertujuan untuk menentukan hubungan dari suatu sebab akibat / causal dari suatu hal. Contohnya seperti bagaimana hubungan antara harga bbm / bahan bakar minyak terhadap jumlah pengguna sepeda motor.
Contoh hasil-hasil riset
Internet
Di antara banyak fasilitas tersebut menurut Onno W. Purbo (1997), “ada lima aplikasi standar internet yang dapat digunakan untuk keperluan pendidikan, yaitu e-mail, Mailing List (milis), News group, File Transfer Protocol (FTC), dan World Wide Web (WWW)”.
• Dengan fasilitas yang dimilikinya, internet menurut Onno W. Purbo (1998) paling tidak ada tiga hal dampak positif penggunaan internet dalam pendidikan yaitu:
a. Peserta didik dapat dengan mudah mengambil mata kuliah dimanapun di seluruh dunia tanpa batas institusi atau batas negara.

b. Peserta didik dapat dengan mudah berguru pada para ahli di bidang yang diminatinya.

c. Kuliah/belajar dapat dengan mudah diambil di berbagai penjuru dunia tanpa bergantung pada universitas/sekolah tempat si mahasiswa belajar. Di samping itu kini hadir perpustakan internet yang lebih dinamis dan bisa digunakan di seluruh jagat raya.
• Pendapat ini hampir senada dengan Budi Rahardjo (2002). Menurutnya, manfaat internet bagi pendidikan adalah dapat menjadi akses kepada sumber informasi, akses kepada nara sumber, dan sebagai media kerjasama. Akses kepada sumber informasi yaitu sebagai perpustakaan on-line, sumber literatur, akses hasil-hasil penelitian, dan akses kepada materi kuliah. Akses kepada nara sumber bisa dilakukan komunikasi tanpa harus bertemu secara fisik. Sedangkan sebagai media kerjasama internet bisa menjadi media untuk melakukan penelitian bersama atau membuat semacam makalah bersama.
Contoh lain pemanfaatan riset dan teori pada tehnologi pendidikan, terutama internet.yaitu e-learning
 Dalam hal ini Cisco (2001) menjelaskan filosofis e-learning sebagai berikut:
a. e-learning merupakan penyampian informasi, komunikasi, pendidikan, pelatihan secara on-line.
b. .e-learning menyediakan seperangkat alat yang dapat memperkaya nilai belajar secara konvensional (model belajar konvensional, kajian terhadap buku teks, CD-ROM, dan pelatihan berbasis komputer) sehingga dapat menjawab tantangan perkembangan globalisasi.
c. e-learning tidak berarti menggantikan model belajar konvensional di dalam kelas, tetapi memperkuat model belajar tersebut melalui pengayaan content dan pengembangan teknologi pendidikan.
d. Kapasitas siswa amat bervariasi tergantung pada bentuk isi dan cara penyampaiannya. Makin baik keselarasan antar conten dan alat penyampai dengan gaya belajar, maka akan lebih baik kapasitas siswa yang pada gilirannya akan memberi hasil yang lebih baik.

Manfaat riset dalam perkembangan tehnologi pendidikan
memudahkan komunikasi, sumber informasi dunia, memudahkan kerjasama, hiburan, berbelanja, dan kemudahan aktivitas lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar